September 30, 2020

CBNS

Center for Biochemistry and Nutrition Studies

Tomat Sebagai Aditif Alami Produk Daging

2 min read
kandungan gizi tomat luar biasa
  1. Di antara semua pigmen alami, karotenoid yang terdapat di beberapa tanaman dan buah-buahan adalah zat aditif yang menjanjikan, yang memiliki aktivitas antioksidan penting dan warna yang pekat. Oleh karena itu, mereka dapat digunakan sebagai antioksidan kuat dan pewarna dalam industri makanan.
  2. Tomat kaya akan berbagai senyawa, antara lain: karotenoid (likopen, beta-karoten, phytoene, phytofluenedan lutein), senyawa fenolat (asam fenolat dan flavonoid), vitamin (asam askorbat/vitamin C, tokoferol/vitamin E, dan vitamin A), mineral (K, Mn, Ca, Cu, dan Zn), dan glikoalkaloid (tomatin).
  3. Senyawa bioaktif yang berasal dari tomat memiliki sifat antiinflamasi, antialergi, antimikroba, vasodilator, antitrombotik, kardioprotektif, antioksidan, dan pewarna.
  4. Dalam tomat matang, likopen ditemukan dalam konsentrasi mulai dari 1,9 hingga 6,5 mg/100 g berat segar. Dalam produk tomat olahan, konsentrasi likopen jauh lebih tinggi; misalnya, dalam konsentrat tomat adalah 54 mg/100 g, dalam saus tomat mencapai 16,6 mg/100 g, dan saus mencapai 20,86 mg/100 g.
  5. Tergantung pada varietas tomat, konsentrasi rata-rata beta-karoten berada di kisaran 0,23 hingga 2,83 mg/100 g berat segar.
  6. Senyawa fenolat dalam tomat mentah, olahan tomat, dan produk sampingan dari pemrosesan tomat meliputi flavonoid (rutin, naringenin, naringenin chalcone, kaempferol, dan quercetin) dan asam fenolat (hidroksisinamat, klorogenat, p-coumaric, ferulat, dan asam kafeat). Kandungan dan profil senyawa fenolat berbeda-beda tergantung varietas tomat serta bagian buah yang diteliti. Senyawa fenolat total dalam tomat ceri berkisar antara 64,6 hingga 440,0 mg/100 g berat kering.
  7. Vitamin C dalam tomat dapat ditemukan pada kadar 8,0 hingga 16,3 mg/100 g berat segar, tergantung pada genotipe, kematangan buah, dan kondisi lingkungan.

kandungan gizi tomat luar biasa

Ringkasan terjemahan dari “Domínguez, R.; Gullón, P.; Pateiro, M.; Munekata, P.E.S.; Zhang, W.; Lorenzo, J.M. Tomato as Potential Source of Natural Additives for Meat Industry. A Review. Antioxidants 2020, 9, 73.” oleh Yoseph Leonardo Samodra. Selengkapnya dapat dibaca di: https://www.mdpi.com/2076-3921/9/1/73. Cek info bermanfaat lainnya di sini.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.