January 22, 2021

CBNS

Center for Biochemistry and Nutrition Studies

Adaptasi Alat Ukur Literasi Gizi pada Mahasiswa

1 min read
jurnal literai gizi maluku indonesia
ADAPTASI ALAT UKUR LITERASI GIZI PADA MAHASISWA ANGKATAN PERTAMA PROGRAM SARJANA DI UNIVERSITAS PATTIMURA, MALUKU
Yoslien Sopamena, Yulita Sirinti Pongtambing, Wa Ode Arin Sri Andriani, Yessy
Fitriani, Dien Anshari
Jurnal Gizi Masyarakat Indonesia, Vol. 9, No. 2, 2020, 83-92

Latar belakang

Literasi gizi menunjukkan tingkat kemampuan seseorang untuk mencari, memahami dan menggunakan informasi gizi dasar untuk tujuan kesehatanPenelitian tentang pengukuran dan alat ukur literasi gizi belum banyak dilakukan di Indonesia.

Tujuan

Untuk menguji validasi dan reliabilitas instrumen Newest Vital Sigyang dimodifikasi.

Metode

Pengambilan data terbagi atas dua tahap: pertama melalui pendekatan kualitatif, dilakukan wawancara kognitif terhadap 10 mahasiswa tingkat pertama di Universitas
Pattimura dengan menggunakan instrumen literasi kesehatan HLS-EU-Q16, dilanjutkan dengan alat ukur literasi gizi (NVS) yang berisi 6 item, yang telah dialihbahasakan dan digunakan pada penelitian sebelumnya. Selanjutnya di tahap kedua, data diambil dari 362 responden dengan pendekatan kuantitatif melalui pengembangan kuesioner daring yang didapat dari hasil tahap pertama. Instrumen literasi gizi lebih lanjut divalidasi dengan menggunakan instrumen literasi kesehatan pada dimensi fungsional. Validitas instrumen Newest Vital Sign dilakukan dengan melakukan pengukuran literasi kesehatan (HLS-ID-Q16) dan wawancara kognitif.

Hasil

Skor bagi partisipan yang menyelesaikan survei dari 0 hingga 6 dengan rerata 2,35 (SD 0,01). Koefisien korelasi Spearman P, antara HLS-Q16 tingkatan fungsional memenuhi kriteria validasi alat ukur (r=0,11, p-value=<0,001). Cronbach alpha 0,5905 menunjukan reliabilitas yang lemah.

Kesimpulan

Penelitian ini bertujuan untuk mengadopsi alat ukur literasi gizi, The Newest VitaSign untuk dapat digunakan di Universitas Pattimura. Hasil menunjukkan bahwa alat ini valid untuk digunakan pada konteks mahasiswa tingkat universitasPerlu dilakukan testretest reliability lebih lanjut melalui penelitian selanjutnya. Penggunaan instrumen NVS dalam pengukuran literasi gizi sebaiknya dilakukan secara tatap muka untuk meminimalisasi biasRendahnya tingkat literasi dapat menjadi bahan advokasi bagi manajemen Universitas Pattimura untuk lebih mensosialisasikan penggunaan label nutrisi bagi mahasiswa.

jurnal literai gizi maluku indonesia
Afiliasi penulis: Program Studi S2 IKM, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia
Pembiayaan dan etik: Penelitian ini mendapatkan dana dari Hibah Q1Q2 DRPM Universitas Indonesia tahun 2019 dan telah lulus kaji etik dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (No:0552/III/LPPMPM.10.05/05/2019).
Baca selengkapnya (PDF) di: https://journal.unhas.ac.id/index.php/mgmi/issue/view/924/240
Korespondensi: oliensopamena@gmail.com atau +6281315278942
Ingin karya anda ditampilkan di nutrition.web.id untuk meningkatkan keterbacaan dan memperbesar peluang dikutip oleh penulis lain? Segera kontak kami (klik di sini).

More Stories

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.